Selasa, 24 September 2013

Melihat Perbedaan Singkatan dengan Akronim

Singkatan adalah bentuk yang dipendekkan yang terdiri dari satu huruf atau lebih sedangkan akronim adalah gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Pada umumnya sering ditemukan penggunaan titik pada singkatan. Pada sebuah akronim tidak dibenarkan penggunaan titik karena akronim dianggap sebagai sebuah kata

Penggunaan singkatan
1. Singkatan nama orang, gelar, sapaan, jabatan, atau pangkat diikuti dengan tanda titik. 
Contoh : A.H. Nasution, sdr., Dr. Susilo Bambang Yudoyono
2. Singkatan nama resmi lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan, badan/organisasi, serta nama dokumen resmi yang terdiri atas huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital tanpa tanda titik. 
contoh : KPK
3. Singkatan umum yang terdiri dari tiga huruf atau lebih diikuti satu tanda titik. Tetapi, singkatan umum yang terdiri hanya dari dua huruf diberi tanda titik setelah masing-masing huruf. 
Contoh : jml. (tiga huruf), n.b. (dua huruf)
4. Lambang kimia, singkatan satuan ukur, takaran, timbangan, dan mata uang asing tidak diikuti tanda titik.
Contoh : Rp, Cu, cm

Penggunaan akronim
1. Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal dari deret kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital.
Contoh : LAN
2. Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal kapital.
Contoh : Bulog
3. Akronim yang bukan nama diri yang berupa gabungan huruf, suku kata, ataupun huruf dan suku kata dari deret kata ditulis seluruhnya dengan huruf kecil.
Contoh : pemilu (ditulis huruf kecil semua)

Pertanyaan : Antara KTP dan SIM mana yang singkatan dan mana yang akronim??
Jawaban : SIM adalah akronim karena dapat dijadikan sebuah kata Sementara KTP bukanlah akronim karena tidak dapat dijadikan kata. Sebuah kata haruslah mengandung huruf konsonan dan huruf vokal yang sesuai kaidah kosakata dalam bahasa Indonesia

Melihat Perbedaan Singkatan dengan Akronim Rating: 4.5 Diposkan Oleh: caesarmac

7 komentar: